Thursday, May 22, 2014

Bagaimana Melatih Anak Tidur di Kamarnya Sendiri?

Panduan dan tips mendidik anak - melatih anak tidur di kamarnya sendiri
Melatih anak tidur di kamarnya sendiri kadang menjadi masalah tersendiri bagi sebagian orang tua. Apalagi anak yang sudah berumur di atas 2 tahun, tentu akan lebih sulit lagi.

Sebelum saya sharingkan bagaimana caranya melatih anak tidur dikamarnya sendiri, saya perlu tekankan dulu perlunya anak memang harus dilatih tidur dikamarnya sendiri. Ada wanita yang menjadi 'frigid', dingin secara sexual, karena semasa kecil, tidur sekamar dengan orang tuanya. Waktu malam, dia terbangun dan melihat kedua orang tuanya melakukan hubungan suami istri. Saat dilihat dalam posisi, dimana Ibunya mengeluh menahan, mengerang kesakitan. Itu menimbulkan rasa benci kepada bapaknya dan kepada laki-laki. Membuatnya ada semacam ketakutan untuk menikah, bahkan setelah menikah menjadi malas bahkan takut melakukan hubungan sexual dengan suaminya.

Ada juga anak yang justru terangsang dan ingin mencoba melakukan hal yang sama, karena dia melihat adegan yang menyenangkan. Reaksinya bisa berlain-lainnan, tergantung suasana apa yang dilihatnya. Adalah perlu untuk anak tidur dikamarnya sendiri, terpisah dengan orang tuanya. Selain anak yang bisa melihat hal yang belum waktunya, juga bisa menimbulkan masalah bagi suami yang merasa 'terganggu' dengan kehadiran anak di kamarnya.

Melatih anak tidur dikamarnya lebih mudah jika dimulai sejak usia 1-2 tahun, setelah selesai pemberian ASI. Jika sudah terlanjur tidak apa, tidak ada kata terlambat untuk memulai sesuatu yang baik, tidak ada kata terlambat untuk mendidik anak. Lakukan secara bertahap, buatkan kamar sendiri dengan suasana anak, gambar dan warna anak-anak. Temani anak tidur dikamarnya, dan biarkan terlelap dan baru ditinggal.

Jika anak terbangun dan menangis, atau takut, maka jangan diajak pindah ke kamar orang tua, tetapi orang tua yang pindah ke kamar anak dan tidur bersama anak. Besok ulangi lagi dengan meninggalkan jika benar-benar telah pulas, atau temani selama beberapa hari tidur di kamarnya sehingga dia terbiasa dan tidak asing dengan kamarnya.

No comments:

Post a Comment